Air Terjun Curug Pulosari

Banyak sekali pesona wisata tersembunyi di Bantul, salah satunya adalah Air Terjun Curug Pulosari Krebet. Di tempat ini Anda bisa menikmati nuansa hening serta sunyi. Jika Anda sedang berkunjung ke Jogja, sempatkanlah untuk menikmati suasana berbeda selain berwisata ke pantai di Bantul. Anda bisa mengunjungi obyek wisata alternatif yaitu Air Terjun Curug Pulosari. Wisata alam Jogja ini sebenarnya berlokasi dekat dengan daerah Kasongan yang terkenal sebagai pusat seni kerajinan gerabah.

Source by: mandrapahlawa
Source by: mandrapahlawa

Air terjun di Bantul sebenarnya banyak sekali, namun yang sedang diminati oleh para wisatawan untuk sementara ini berfokus ke Curug Pulosari Krebet. Bagi Anda yang suka piknik jelajah mirip petualangan ala backpakeran, silahkan saja berkunjung, akses jalannya pun agak mudah ditempuh dari Kota Jogja, kemudian lewati Jalan Bantul hingga Gerbang Kasongan ke barat hingga 5 kilometer lalu ada perbukitan, pertanda sudah dekat wisata desa Krebet air terjun Pulosari. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi untuk datang ke tempat wisata Air Terjun Curug Pulosari ini.

Source by: yayapunyacerita
Source by: yayapunyacerita

Sesampai disana, pengunjung bisa mendapatkan pemandangan indah air terjun dan pesona alam terbuka diiringi air jernih gemercik yang mengalir, asrinya pepohonan disekitar air terjun menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang singgah ke lokasi wisata tersebut. Ketinggian air terjun ini cukup landai namun nyaman dikunjungi. Lokasi wisata ini memang tersembunyi, jauh dari keramaian dan nuansa sunyi serta hening terasa, cocok untuk refreshing. Sesuai dengan namanya Jurang Pulosari, air terjun ini letaknya di bawah jurang. Jalan untuk sampai ke bawah jurang tersebut sudah dibuat ramah pengunjung, jadi tidak berbahaya mengajak anak-anak untuk berkunjung kesini. Perjalanan dari lokasi parkir menuju air terjun Pulosari cukup seru, menuruni sebuah jurang, menyelusuri hutan jati, menyebrangi sungai dan akhirnya bisa sampai di Air Terjun Curug Pulosari.

Source by: sobatjogja
Source by: sobatjogja

Air terjun ini tidak terlalu tinggi, mungkin ketinggiannya berkisar sekitar 5­7 meter saja, namun yang menarik yaitu cara air jatuhnya seperti membentuk tirai­tirai putih yang cukup cantik dan dibawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang bermain air. Fasilitas air terjun ini cukup lengkap. Ada ruang bilas atau ruang ganti baju, ada warung penjaja makanan, lokasi parkir yang luas dan aman, bahkan ada penyewaan ban untuk kalian yang tidak bisa berenang. Jika kalian ingin menginap dan menikmati lebih jauh jurang pulosari ini berikut suasana desa wisata krebet ini bisa menginap di homestay desa wisata krebet yang sudah disediakan.

Source by: jogjastreet
Source by: jogjastreet

Dari Kota Jogja letaknya tidak terlalu jauh, hanya menempuh perjalanan selama paling cepat 45 menit sampai 1 jam dengan motor. Menuju kesini bisa dibilang cukup mudah karena sudah banyak petunjuk jalan yang membawa kalian sampai di Curug Pulosari. Rut eke Curug Pulosari dari Kota Jogja arahkan kendaraan anda ke Jalan Bantul – melewati Bangjo Ringroad Selatan – Bangjo Gapura Desa Wisata Keramik Kasongan ambil kanan memasuki desa tersebut – Ikuti jalan desa wisata kasongan tersebut jangan belok­belok sampai menemukan petunjuk jalan menuju desa wisata Krebet –Ikuti petunjuk jalan menuju desa Wisata Krebet dan kita akan melintasi jalan sedikit agak naik dan berkelok­kelok dengan kanan kiri berupa hutan jati. Jika kalian melihat patung Bagong besar kalian sampai di Desa Wisata Krebet – Liat petunjuk jalan berupa Peta yang ada di sekitar patung tersebut akan mengarahkan anda ke Curug Pulosari. Jika ragu diperjalanan jangan sungkan bertanya pada warga setempat ya.

Selain menyambangi air Terjun Pulosari, Anda juga dapat menengok tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal diantaranya Malioboro, Kraton Jogja, Candi Prambanan, Borobudur, Pantai Indrayanti, Wisata Alam Kaliburu dan Goa Pindul. Deretan tempat wisata yang menarik di jogja tersebut tentunya wajib untuk dikunjungi.Disamping itu, daerah Bantul juga mempunyai sejumlah obyek wisata unggulan lainnya seperti Goa Selarong, Makam Raja Mataram Imogirii, Taman Buah Mangunan, Pantai Parangtritis dan banyak lagi pokoknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *