Air Terjun Parangtritis, Air Terjun Di Mulut Pantai

Parangtritis, ketika kata itu terdengar di telinga Anda maka yang ada dalam bayangan pasti sebuah pantai di ujung selatan Jogja, dengan hamparan pasir lembut dan ombak yang landai. Di ujung pantai tujuan wisata utama di kota Jogja tersebut ternyata terdapat sebuah air terjun yang unik. Air terjun yang bernama Air terjun parangtritis.
air terjun, wisata alternatif, wisata alam, parangtritis,pantai parangtritis,air terjun parangtritis
Air Terjun Parangtritis terletak di ujung timur pantai parang tritis, sekitar 500 meter berjalan dari tempat parkir motor. Letak Air terjun Parangtritis berada di kumpulan batu karang yang ada di sisi timur. Aliran air yang mengalir cukup deras (red: habis hujan) sangat eksotis karena berada di bibir pantai persis. Air berasal dari sungai kecil yang mengalir dari atas bukit kars yang membentang di belakang pantai. Di sini kita bisa menikmati air terjun dengan air yang tawar setelah bermandi-mandi dengan air laut.
air terjun, wisata alternatif, wisata alam, parangtritis,pantai parangtritis,air terjun parangtritis
Sayangng sekali karena debit air sungainya kecil, maka air terjun ini hanya akan ditemui saat musim hujan saja, jika musim kemarau hanya akan terlihat sebagai batu-batu tebing dan bongkahan karang. Untuk memasuki wisata alternatif ini, pengunjung tidak perlu membayar retribusi lagi, karena sudah termasuk saat memasuki obyek wisata Pantai Parangtritis sebesar Rp 5.000.
air terjun parangtritis 2

Lokasi Air Terjun Parangtritis

Lokasinya dapat di tempuh dengan mudah. Jika dari arah Jogja anda bisa langsung menuju selatan atau tepatnya ke Jalan Parangtritis. Dari jalan itu anda cukup lurus terus ikuti jalan utama hingga tiba di gerbang retribusi Pantai Parangtritis. Letak air terjunnya sendiri berada di barisan tebing dari Pantai, jadi akan lebih dekat dijangkau jika anda parkir di bagian pantai paling Timur agar tidak terlalu jauh berjalan kaki

Peta Air Terjun Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *