Belalang Goreng, Kuliner Unik Yang Bergizi Tinggi

share small Belalang Goreng, Kuliner Unik Yang Bergizi Tinggi

Belalang Goreng – Siapa sangka jika hewan insecta yang selama ini dianggap hama pertanian ternyata juga dapat diolah dan di makan. Bagi sebagian besar orang, belalang munging hanya dianggap sebagai hewan liar dan hama pertanian, namun di Gunung Kidul Yogyakarta, belalang kini jadi primadona baru wisata kuliner. Aneka makanan olahan dari belalang kini menjadi salah satu oleh oleh khas ketika berwista di gunung Kidul. Bahkan tak sedikit warung makan yang menyediakan menu utama dari olahan belalang dengan berbagai variasi rasa.

belalang goreng Belalang Goreng, Kuliner Unik Yang Bergizi Tinggi

Belalang goreng disajikan bersama nasi merah

Awal mula muncul makanan belalang goreng
Semula, ide untuk membuat belalang sebagai wisata kuliner muncul karena kebiasaan sebagian masyarakat Gunung Kidul yang mengonsumsi belalang sebagai bahan pangan alternatif. Di Gunung Kidul sendiri populasi belalang masih sangat banyak yang ditemui di ladang dan sawah. Saat musim panen, penduduk tak hanya memanen hasil pertanian saja, tetapi juga panen belalang. Dengan banyaknya belalang masyarakat sekitar kemudian mengolahnya sebagai lauk pauk atau sekedar untuk cemilan. Setelah beberapa kali terkespose media elektronik, belalang goreng menjadi semakin terkenal, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul menjadi penasaran ingin merasakan seperti apa enaknya belalang goreng. Setelah mencicipi, sebagian besar memang mengakui bahwa meskipun bentuknya aneh namun belalang goreng punya rasa yang enak seperti udang. dari situ kemudian banyak pelaku wisata yang menggiatkan belalang goreng menjadi oleh oleh dan kuliner khas Gunung Kidul

belalang toples Belalang Goreng, Kuliner Unik Yang Bergizi Tinggi

Belalang goreng yang siap dijual dalam bentuk kemasan

Enak, dan Kaya Akan Gizi
Meskipun masih banyak yang takut melihat bentuknya, namun ternyata belalang goreng ini memiliki rasa yang sangat gurih dan enak. Bahkan jika diteliti lebih lanjut, kandungan gizi yang terdapat di belalang tak kalah dengan daging sapi atau ayam. Beberapa waktu lalu Pakar Gizi dari IPB merilis info kandungan Gizi dalam belalang goreng. hasilnya, kuliner unik ini memiliki kandungan 20-30% protein. Di bagian kulitnya juga terdapat Zat kitosan seperti halnya udang. Makanan khas ini juga mengandung beragam vitami seperti A, B, B1, B2, B6, E, C, serta asam folat. Belalang juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin A tubuh hingga 30%.

jual belalang Belalang Goreng, Kuliner Unik Yang Bergizi Tinggi

Penjual belalang mentah juga sering ditemui di pinggir jalan jalan utama Gunung Kidul

Harga kuliner dari belalang
Di Gunung Kidul sendiri belalang diolah dengan beragam cara. Jika dahulu hanya sebatas digoreng saja, kini banyak warung warung makan yang mencoba mengkreasikannya seperti belalang bacem, belalang pedas manis, belalang goreng, dll. Untuk harga per porsi belalang di jual antara Rp. 6.000 hingga Rp. 10.000. Sedangkan untuk oleh oleh yang sudah dikemas harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 tergantung ukurannya. Ada juga yang menjualnya dalam keadaan mentah, belalang dijual dalam bentuk untaian, satu untai biasanya dijual seharga Rp. 10.000 . Bagaimana? tertarik untuk mencicipi belalang goreng khas Gunung Kidul ini ?

Popular Tags:

  • belalang goreng
  • warung tempat menjual belalang goreng
  • harga belalang goreng gunung kidul
  • warung masakan walang
  • walang goreng bantul
  • rasa belalang goreng
  • penjual kuliner unik
  • nasi walang goreng
  • Gambar menu sambel belalang gropak
  • makanan unik gunungkidul

Advertisement

No comments.

Leave a Reply