Goa Kiskendo, Keunikan Goa Raksasa

sumber gbr: jogjaempatroda
sumber gbr: jogjaempatroda

Goa Kiskendo merupakan Goa yang syarat akan mitos, bahkan termasuk salah satu goa yang di sakralkan. Cerita yang beredar di lingkungan masyarakat sekitar bahwasannya dahulu Goa ini merupakan tempat tinggal dua raksasa bernama Mahesasura (raksasa berkepala kerbau) dan Lembusura (raksasa berkepala Sapi). Terdapat sebuah lorong goa yang dipercaya sebagai tempat pertempuran ke dua raksasa tersebut dengan Subali (manusia kera). Cerita – cerita ini terukir indah di sebuah bebatuan berukir atau biasa disebut relief layaknya buku dongeng. Terdapat 9 tempat yang biasa di gunakan sebagai tempat pertapaan diantaranya Pertapaan Tledek, Padasan, Kusuma, Semelong, Santri Tani, Lumbung Kampek, Selumbung, Sekadang dan yang terakhir adalah Seterbang.

sumber gbr: beatifulindonesia
sumber gbr: beatifulindonesia

Terlepas dari ceritan pewayangan yang menghiasi Goa Kiskendo, lokasi wisata ini ternyata berada di ketinggian 1200 Mdpl (Meter Dibawah Permukaan Laut), lokasinya yang di atas pegunungan menoreh membuat suhu di sekitar goa terasa sejuk. Goa ini ditemukan pada tahun 1825, dinamakan Kiskendo yang memiliki arti Kikisan Kedu Lan Jogja ( perbatasan Kedu dan Jogja). Uniknya menurut salah satu Juru Kunci, Goa Kiskendo secara administratif letaknya di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Namun bagian dalam Goa sudah masuk di wilayah Jawa Tengah.

sumber gbr: watespahpoh
sumber gbr: watespahpoh

Panjang dari Goa sendiri sekitar 1 Km. Jika anda menyusuri goa ini maka di tengah tengah perjalanan akan menemukan sebuah kendi air dimana berisi tetesan air dari stalagtit yang tentunya bersumber dari sebuah mata air bersih sehingga dapat langsung diminum oleh pengunjung yang merasa cukup kelelahan saat menyusuri Goa ini. Anda tidak perlu memiliki keahlian dalam trekking karena jalur penyusuran goa sudah di fasilitasi dengan jalan setapak yang terbuat dari beton hingga memudahkan anda saat berjalan, cukup membawa bekal senter karena pencahayaan di dalam goa sedikit remang. Namun jika anda ingin menelusuri goa ini lebih jauh maka ada jalur yang memang tidak diperuntukan bagi pengunjung umum dan perlu di dampingi guide profesional.

sumber gbr: Dolanotomotif
sumber gbr: Dolanotomotif

Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap, jika anda takut memasuki area goa maka dapat bersantai di taman lengkap dengan bangku dan area bermain anak. Toilet dan tempat sampah juga mudah ditemukan sehingga tidak ada alasan lagi membuang sampah sembarangan, mengingat kebersihan di Goa Kiskendo sendiri memang sudah terjaga dengan baik. Selain taman dan area bermain anak, beberapa kelompok pun sering melakukan aktivitas outbond dan kemah di area Goa yang luasnya sekitar setengah hektar ini.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Goa Kiskendo

Jika dari arah Jogja langsung arahkan kendaraan anda ke Barat Jogja melalui jalan Godean. Terus ikuti jalan utama hinga tiba di perempatan lampu merah Pasar Godean. Dari situ terus saja dan anda akan mulai disambut jalan yang menanjak dan berliku. Petunjuk arah ke Goa Kiskendo akan dengan mudah anda temukan dan membantu anda hingga tiba di  lokasi. Jalan ke Goa Kiskendo masih bisa dilewati oleh kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, Parkir untuk kendaraan pun luas sehingga tidak perlu bingung. Hanya saja tidak disarankan bagi anda yang berkunjung menggunakan Bus. Harga tiket masuk ke Goa ini hanya sebesar Rp 2.000 saja. Dsedangkan jasa pemandu yang menemani anda saat menyusuri Goa dikenakan cuma – cuma alias gratis, namun tidak ada salahnya jika anda ingin memberi tips kepada si pemandu.

Peta Goa Kiskendo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *