Mendaki Kemegahan Gunung Api Purba Nglanggeran

share small Mendaki Kemegahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Yogyakarta ternyata tak hanya memiliki satu gunung api. Daerah istimewa ini ternyata ada dua buah gunung api jutaan tahun lalu yaitu Gunung Merapi dan Gunung Nglanggeran. Hanya saja, Gunung Api Nglanggeran kini sudah tak aktif lagi dan hanya menyisakan bongkahan batu raksasa dan deretan gunung batu yang berdiri kokoh. Gunung Nglanggeran, menurut beberapa penilitian dulunya merupakan Gunung Api aktif, sehingga saat ini disebut sebagai Gunung Api Purba. Keberadaan Gunung Nganggeran kini mulai terkespose media dan menjadi objek wisata alam yang sangat mengagumkan. Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki dua puncak yaitu puncak barat dan puncak timur dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Terbentuk dari material vulkanik, Gunung Api ini membentang berderet batuan raksasa yang sangat gagah berdiri dengan pemandangan yang sangat indah.

nglanggeran 2 300x200 Mendaki Kemegahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Pemandangan di atas puncak Gunung Nglanggeran

Lokasi Gunung Api purba saat ini dikembangkan untuk wisata outdoor seperti camping, tracking, dan panjat tebing. Sensasi utama yang ditawarkan oleh objek wisata Gunung Nglanggeran adalah jalur pendakian gunung sempit dan terjal yang sangat menantang adrenalin. Pengunjung harus berjalan kaki mendaki dari lembah ke atas gunung dengan memakan waktu sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan. Di sepanjang perjalanan, pengunjung hanya dibandtu tali dan tangga sederhana untuk menyusuri jalur. Ada tiga pos gardu pandang, mulai dari rendah, sedang, dan puncak. Meski jalur sempit dan sulit namun setelah sampai di puncak gunung, semua lelah akan terbayarkan. Sebab dari atas gunung ini kita dapat melihat keindahan cakrawala tanpa batas. Keindahan Alam Gunung Kidul terpampang jelas di depan mata. Di sisi selatan terlihat hamparan “hutan” tower dan di bagian barat daya terlihat samar kota jogja. Di puncak gunung yang di sebut Gunung Gede ini pengunjung juga bisa menikmati sensasi sunrise dan sunset yang sangat indah. Sedangkan di malam hari, kita dapat menikmati kerlap kerlip lampu Jogja yang sangat indah.

nglanggeran2 200x300 Mendaki Kemegahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Saat ini Gunung Api Purba Nglanggeranmasih dikelola secara mandiri oleh Pokdarwis setempat dan karang taruna. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti makrab, kemah, atau outbond. Di sekitar objek wisata Gunung Nglanggeran terdapat beberapa homestay milik penduduk dengan tarif menginap yang sangat murah.

Jalur sempit dan sulit

nglanggeran Mendaki Kemegahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Hanya dibantu tangga sederhana

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran & Tiket Masuk

Gunung Api Purba ini hanya terpaut jarak 25 km saja dari pusat kota jogja, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul. petunjuk arah untuk menuju ke lokasi yaitu melewati Jlan Solo kemudian berbelok ke arah Ring Road Timur menuju Jalan Wonosari. Setelah melewati bukit bintang pathuk kemudian ada kantor radio GCD FM ambil belokan kiri kira kira 7 km dari situ sudah sampai ke Gunung Nglanggeran. Harga tiket masuk gunung Nglangeran sebesar Rp.7.000,- untuk sore, dan Rp.9.000,- untuk malam hari. Harga tiket dapat berubah sewaktu – waktu.

Tips berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran

  • Sebaiknya berkunjung saat musim kemarau (pas tidak hujan) sebab jika hijan, kondisi medan akan sulit ditempuh karena becek dan licin.
  • Bawa kamera, dan air minum karena di atas Gunung atau sepannjang jalan tidak terdapat penjual.

Peta Gunung Api Purba Nglanggeran

Popular Tags:

  • gunung api purba
  • Nglanggeran
  • gunung purba
  • gunung api purba nglanggeran
  • gunung nglanggeran
  • gunung purba jogja
  • gunung pur
  • gunung berapi purba gunung kidul
  • harga gunung purba gunung kidul

Advertisement

No comments.

Leave a Reply