Museum Gambar 3D Terbesar Dunia Ternyata Ada di Jogja

De Mata 3D Trick eye

Museum 3D De Mata Trick Eye – Siapa sangka, selain menyimpan beragam wisata budaya dan seni, Kota Jogja ternyata memiliki objek wisata baru terbesar di dunia. Adalah Museum gambar 3D De Mata yang menjadi museum terbesar di dunia untuk menyimpan gambar 3D. Fakta tersebut bukanlah sebuah isapan jempol, sebab menurut survey yang telah dilakukan oleh dinas pariwisata di berbagai negara, De Mata memiliki koleksi gambar 3D yang paling banyak. Selain itu De Mata merupakan museum permanen yang setiap saat dapat dikunjungi, seangkan di negara negara lain, pameran lukisan/gambar 3D hanya bersifat insidental atau hanya temporer. Museum de Mata memiliki luas 1600 meter persegi yang berlokasi di XT Square Jogjakarta. Jumlah lukisannya saat ini berkisar 130 gambar yang ditempatkan pada ruang pamer berbentuk labirin.

De Mata 3D Trick eye
Gambar 3D sangat Dramatis

Memanjakan mata di museum De Mata Trick Eye
Museum De Mata memang menjadi spot wisata baru yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Di tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai gambar atau lukisan 3D yang sangat menabjubkan. Gambar tersebut memang dibuat sedemikan rupa agar tampak hidup, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dengan karakter yang ada di gambar. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Museum De Mata memiliki koleksi Gambar 3D lebih dari 130 buah. Gambar tersebut terdiri dari banyak “genre” seperti pemandangan, fauna, olahraga, musik, super hero, dll. Untuk mengantisipasi rasa bosan pada pengunjung, museum ini mengganti gambar/lukisan secara berkala. Sebagian besar gambar berukuran cukup besar yaitu tinggi 1,4 meter dengan panjang bervariasi bahkan ada yang sampai 5 meter. Jika mengunjungi museum ini, bisa dipastikan pengunjung akan betah berlama lama karena akan mengabadikan setiap momen untuk berfoto dengan gambar 3D yang seolah membuat pengunjung berada di dimensi lain.

museum de mata
Pengunjung dapat berinteraksi dengan Gambar 3D seolah olah berada di dimensi lain

 

Lokasi Museum De Mata dan Harga Tiket Masuk

Museum de Mata terletak di kawasan XT square basement area Jalan Veteran 016/05 Umbulharjo Yogyakarta tepatnya di bekas terminal lama Umbulharjo. Jika diakses dari pusat kota jogja (0 kilometer) ambil arah lurus ke Timur hingga sampai ke perempatan pabrik susu SGM ambil kanan lurus ikuti jalan ada perempatan ambil kanan. Untuk harga tiket masuk ke museum De Mata cukup terjangkau yaitu Rp. 25.000 – 40.000 per orang (weekdays) & Rp. 40.000 – Rp 60.000. Museum ini buka dari jam 10.00-22.00.

Peta Museum De Mata

1 thought on “Museum Gambar 3D Terbesar Dunia Ternyata Ada di Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *