Pasar Seni Gabusan, Surganya Kerajinan Bantul

Berkunjung ke salah satu destinasi wisata belumlah lengkap jika anda belum berbelanja hasil kerajinan daerah tersebut, salah satunya jika anda menggunjungi Bantul, Jogjakarta. Di Bantul terdapat pasar seni yang sangat terkenal dan disukai wisatawan yaitu Pasar Seni Gabusan, Surganya Kerajinan Bantul. Pasar seni ini menyediakan berbagai macam kerajinan tangan asli karya masyarakat Bantul yang tentunya wajib anda tengok. Letak pasar seni ini juga terbilang cukup strategis yakni di Jalan Parangtritis KM 9 Desa Gabusan, Bantul, Jogjakarta.

Source by: kompastravelfair
Source by: kompastravelfair

Menjajakan Berbagai Jenis Kerajinan

Didirikan pada tahun 2004 dan menempati luas sebesar 4,5 hektar membuat Pasar Gabusan ini mampu menampung sebanyak 400 pedagang dan pengrajin yang dikelompokkan ke dalam 16 los. Pengelompokkan los ini juga disesuaikan dengan bahan baku atau jenis barang yang dijual di pasar seni ini. Adanya pengelompokkan memiliki tujuan agar pada wisatawan yang berkunjung dan hendak berbelanja dapat dengan mudah menemukan tempat yang menjual jenis barang kerajinan yang mereka cari.

Mulai dari los 1 sampai los 3 anda akan menemukan para pengrajin yang menjajakan produk kerajinan berbahan kulit. Di sini anda dapat menemukan berbagai macam bahan dasar kulit yang digunakan seperti kulit lembu dan kulit domba. Jenis barang kerajinan yang dijual pun juga beragam yakni mulai dari kipas tradisional, dompet, lukisan kaligrafi dari kulit, pembatas buku dan juga wayang serta beberapa kerajinan lainnya yang berbahan dasar kulit.

Source by: gabusan08
Source by: gabusan08

Sampai pada los 4 dan 5 anda akan disuguhkan dengan beragam produk kerajinan bertema batik yang tentunya ramah kantong dengan beragam design. Di los ini anda akan menemukan berbagai macam produk kerajinan dengan tema dan motif batik yang beragam. Barang yang dijajakan pun juga beragam bukan hanya mengusung konsep tradisional, tetapi ada pula konsep modern yang diberikan pula pada produk yang dijual.

Untuk di los lainnya seperti los 10 dan 11 anda akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai macam produk kerajinan topeng dengan berbagai warna dan design yang dapat anda bawa pulang sebagai hiasan rumah anda. Kerajinan topeng ini sebagian besar berbahan dasar kayu yang dicat dan dilukis dengan motiv batik yang beragam, sehingga memberikan kesan etnik yang kental. Tak ketinggalan pada los 8 anda akan menemukan berbagai kerajinan muali dari yang simpel sampai dengan ukiran yang terlihat sulit dan mendetail. Barang-barang ini dapat anda jadikan oleh-oleh untuk penghias rumah anda.

Source by: pastvnews
Source by: pastvnews

Selain itu ada pula beberapa kerajinan perak, logam dan tembaga yang dapat anda temukan. Beberapa lukisan karya seniman Bantul juga tak kalah memeriahkan pasar ini. Untuk produk yang didatangkan dari luar Bantul juga sangat menarik untuk dilirik seperti tas dan sepatu kulit. Tentunya barang-barang kerajinan tersebut sangat sayang anda lewatkan ketika anda berkunjung ke Bantul.

Keistimewaan Pasar Seni Gabusan

Pasar seni ini sebenarnya tidak hanya menyediakan beragam produk kerajinan, tetapi juga dapat menjadi objek wisata yang menarik. Didesign dengan mencampurkan unsur budaya tradisional dan modern Pasar Seni Gabusan ini sangat memanjakan mata pengunjung. Terlebih lagi dengan adanya workshop membatik yang disediakan sebagai suatu kegiatan rekreasi yang menarik minat wisatawan, dan makin membuat pasar ini semakin istimewa. Tentunya juga anda tidak akan kebingungan ketika ingin berbelanja buah tangan asli dari Bantul karena di pasar ini tersedia berbagai macam produk dengan harga yang bersaing.

Fasilitas Lainnya di Pasar Seni Gabusan

Pasar seni yang mengusung perpaduan unsur tradisional dan modern ini juga memberikan fasilitas lengkap yang dapat dinikmati pengunjung. Beberapa fasilitas yang terdapat di Pasar Seni Gabusan ini antara lain tempat parkir, musholla, internet gratis, tempat bermain, pusat perbelanjaan kebutuhan sehari-hari, restoran dan sebagainya. Pastinya semua fasilitas yang tersedia di sini akan membuat anda merasa betah berlama-lama berada di Pasar Seni Gabusan ini.

Demikian beberapa ulasan menarik mengenai Pasar Seni Gabusan, Surganya Kerajinan Bantul yang dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin berbelanja kerajian seni khas Bantul. Berbagai macam produk dan fasilitas di Pasar Seni Gabusan ini tentunya sangat sayang anda lewatkan begitu saja ketika anda berkunjung ke Bantul. Jadi, jangan lupa untuk mampir dan membeli kerajinan cantik khas Bantul di Pasar Seni Gabusan ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *