PortalEkonomi :Cara Transfer Ovo ke Gopay

Pada artikel kali ini akan dibahas cara transfer ovo ke gopay dengan mudah, dimana ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Di era modern, sudah ada layanan dompet elektronik yang bisa membantu saat bertransaksi, seperti gopay, dana, dan sebagainya.

Selain itu, dengan menggunakan dompet elektronik biasanya juga banyak penawaran menarik seperti diskon atau promo dibandingkan dengan penggunaan uang tunai.  Tentu saja, saat ini banyak orang beralih menggunakan dompet elektronik daripada uang tunai.

Tidak hanya memudahkan pengguna untuk bertransaksi, Anda juga tidak perlu repot-repot mengisi dompet yang tebal hanya untuk membayar belanjaan. Sedangkan untuk sekadar membawa smartphone atau kartu debit, belanja menjadi lebih mudah dan nyaman. Oleh karena itu, ketahui cara mengisi kembali saldo ovo berikut ini untuk gopay dengan benar.

Ketahui Apa itu Dompet Elektronik

Perlu diketahui bahwa dompet elektronik merupakan layanan yang berguna untuk membantu menyimpan data instrumen terkait pembayaran atau yang lebih dikenal sebagai alat pembayaran alternatif saat ini.   Hampir semua pusat perbelanjaan dan restoran menerapkan sistem pembayaran elektronik ini.

Selain memudahkan konsumen dalam proses pembayaran, cara ini cukup efektif karena dapat memiliki keamanan yang tinggi. Jadi, Anda tidak perlu menimbun begitu banyak uang tunai di laci kasir. Dengan e-wallet ini secara tidak langsung uang  Anda akan diamankan oleh Bank.

Dengan dompet digital atau elektronik ini, Anda hanya perlu menggunakan kartu dan uang elektronik untuk menyimpan dana, dan melakukan transaksi. Umumnya, dompet digital ini lebih populer dengan istilah e-wallet atau dompet elektronik. Adapun penggunaannya sendiri dapat memudahkan pengguna untuk bertransaksi tanpa uang tunai.

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri sudah ada beberapa jenis e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti OVO Cash, Tcash, GO-PAY, DANA, dan lain-lain. Pada artikel ini akan dibahas cara transfer Ovo ke Gopay dengan mudah.

Penggunaan e-wallet ini sendiri berada di bawah naungan Bank Indonesia sehingga sangat banyak digunakan sehari-hari. Masing-masing e-wallet ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tergantung penggunanya. Banyak hal  yang bisa  Anda dapatkan dari e-wallet seperti diskon, promo online, dan sebagainya.

Cara Transfer OVO ke Gopay yang Perlu Anda Ketahui

Ketika datang untuk memindahkan saldo Ovo Anda ke Gopay, ada beberapa hal yang  perlu  Anda ketahui. Sedangkan untuk akun Ovo dan Gopay, keduanya harus diverifikasi statusnya agar memudahkan Anda saat ingin melakukan transfer saldo.  Caranya sendiri sangat mudah dan tidak begitu sulit bagi Anda sebagai pengguna.

Jika belum diverifikasi, maka Anda perlumeningkatkan akun Anda terlebih dahulu. Caranya sendiri cukup mudah, yang diperlukan hanyalah mengunggah foto KTP beserta selfie sambil memegang KTP.   Kemudian, dana Ovo Cash Anda akan dapat ditransfer ke Gopay. Berikut cara transfer Ovo ke Gopay yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Buka dan jalankan aplikasi OVO di smartphone Anda.
  2. Kemudian klik tombol “Transfer”.
  3. Kemudian, silakan masukkan nominal dana yang ingin Anda transfer.
  4. Klik pada opsi “Bank Permata”.
  5. Pada proses selanjutnya, isi nomor rekening tujuan yang akan ditransfer. Di mana Anda perlu menggunakan format berikut: 898 diikuti dengan nomor ponsel yang terdaftar di akun  Gopay misalnya: 897085725678.
  6. Setelah itu, tekan tombol “Transfer”.
  7. Kemudian, tekan tombol “Konfirmasi”.
  8. Setelah selesai, tunggu beberapa menit hingga pesan pemberitahuan muncul di layar ponsel Anda yang menyatakan bahwa transaksi berhasil.

Jika muncul notifikasi yangmenyatakan proses berhasil, maka saldo pada akun Anda akan dipotong secara otomatis.  Setelah itu, penerima hanya perlu mengecek apakah saldo di akun Gopay sudah login. Jika belum terkirim, pengguna harus segera menghubungi call center OVO.

Cara transfer Ovo ke Gopay memang relatif mudah dan anti ribet, sehingga Anda bisa memanfaatkan e-wallet dengan baik tanpa harus menarik uang tunai melalui ATM. Terlebih lagi, di era modern ini sudah banyak sistem pembayaran elektronik yang tersedia di setiap pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Beberapa Ketentuan dalam Proses Pengiriman Dana

Berdasarkan tata cara transfer Ovo ke Gopay di atas, ada beberapa ketentuan dalam proses pengiriman dana yang juga perlu diperhatikan. Sedangkan untuk melakukantransaksi transfer, setiap pengguna harus menjadianggota Premier terlebih dahulu.

Sedangkan dalam proses transaksi, biasanya waktu yang diberikan cukup singkat dan bisa kurang dari 1 menit. Selain itu, dalam proses transfer saldo biasanya adaminimal Rp 10 ribu dan berlaku untuksemua bank atau rekening Anda .

Jadi, bagi Kamu yang memiliki saldo kurang dari Rp 10 ribu tidak bisa melakukan transfer saldo.  Anda perlu melakukan top up terlebih dahulu agar proses transaksi bisa segera dilakukan. Adapun melalui mobile banking atau atm, Anda bisa melakukan top up saldo dengan mudah, bahkan GoPay.

Perlu diketahui bahwaaplikasi Ovo telah memberlakukan transfer minimal Rp 10 ribu saja, sehingga haruslahsaldo Anda cukup . Tak hanya itu, ada juga biaya transfer yang dikenakan sebesar Rp 2500 per transaksi.

Anda juga perlu tahu jika titik Ovo di akun Anda tidak dapat ditransfer. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Ovo Point  hanya  bisadigunakan untuk membayar makanan, sembako, naik grab dan grab mobil saja.   Oleh karena itu, banyak orang melakukan pembayaran dengan uang tunai Ovo untuk mendapatkan cashback di Ovo Point.

Ovo point tidak dapat ditransfer ke Gopay karena ini adalah reward atau cashback yang biasanya diberikan setelah melakukan pembayaran melalui Ovo Cash. Biasanya, jumlah poin Ovo yang diperoleh juga tergantung dari promo yang tersedia.

Jika anda ingin membayar bahan makanan dengan poin Ovo, namun saldonya kurang, anda bisa menambahkannya dengan bantuan Ovo Cash. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara transfer Ovo ke Gopay memang sangat mudah, namun tidak berlaku untuk transfer Ovo Point.

Berapa Lama Proses Transfer Saldo Ovo dan Biayanya ?

Seperti  diketahui, telah terjadi perubahan efektif sejak Januari 2020, di mana OVO sudah mulai memberlakukan biaya transfer ke bank sebesar Rp 2.500 per transaksi.  Jika sebelumnya, mereka menawarkan transfer gratis 10 kali ke bank mana pun tanpa saldo minimum.

Meski saat ini ada biaya transfer untuk setiap transaksi, namun biaya transfer ini relatif murah jika dibandingkan dengan bank konvensional, yaitu Rp 6.500. Selain cara transfer Ovo ke Gopay yang relatif mudah, biaya transfernya juga sangat terjangkau.

Selain itu, cara transfer ke Gopay sendiri sangat mudah, di manapengiriman p mawar ke Gopay sangat singkat bahkan kurang dari 1 menit. Jangankhawatir jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses transaksi atau transfer uang antar bank yang berbeda.

Jika di akun Ovo anda masih memiliki saldo yang banyak, namun ingin berbelanja menggunakan Gopay, maka jangan khawatir. Berdasarkan informasi di atas, tentang cara transfer Ovo ke Gopay diharapkan dapat membantu Anda untuk tidak bingung lagi jika ingin berbelanja saat saldo Gopay kosong.

Selengkapnya